My Home


Lihat My Home di peta yang lebih besar

ISTILAH-ISTILAH KOMPUTER DAN TEKNOLOGI

BIOS Basic Input Output System. Software yang terinstal pada semua PC. Berfungsi untuk mengontrol operasi dasar peranti, misalnya monitor, hard disk, dan keyboard

CPU Central Processing Unit. Bagian utama dalam PC yang memproses seluruh perintah. Namun orang kadang mengartikan CPU sebagai kotak komputer tanpa monitor.

dB decibel. Satuan ukuran kekerasan suara.

GHz GigaHertz. Standar ukuran kecepatan prosesor PC. 1GHz sama nilainya dengan 1000MHz.

ATA singkatan dari Advanced Technology Attachment. Penamaan yang diberikan oleh American National Standards Institute, untuk device Integrated Drive Electronics (IDE).

CD-RW Compact Disc Re-writable. CD kosong yang bisa dipakai untuk menulis data berulang kali.

Interface Alat komunikasi atau cara berkomunikasi, biasanya dipakai sebagai sebutan dalam dunia digital. Misalnya user interface dan programming interface. Mengkoneksikan dua perangkat atau lebih untuk berkomunikasi.

PCI expansion card Kartu yang dicolokkan pada soket PCI pada motherboard untuk menambah kemampuan PC.

Plug and Play Standar pengenalan peripheral yang dipakai dalam sebuah PC. Sistem Windows akan mendeteksi device yang ditambahkan, sekaligus menginstal driver-nya dari database.

Disket floppy Disket berukuran 3,5 inchi dan mampu menyimpan data 1,4 Mb – standar disket saat ini.

Drag and Drop Metode untuk memindahkan suatu obyek (misal: file) dengan menarik dan meletakkan obyek pada lokasi yang diinginkan.

Progress bar Tampilan dalam bentuk presentasi atau animasi berjalan, yamg berfungsi menginformasikan sampai seberapa jauh suatu proses telah berlangsung.

Formatting Mengatur kembali atau memodifikasi (biasanya hard disk) untuk tujuan tertentu, seperti menghemat ruang, menghapus virus dan sebagainya.

Partisi Area pada hard disk dimana informasi disimpan.

Reboot Menghidupkan kembali PC dengan menekan tombol Power atau Reboot.

Startup disk Disket yang digunakan untuk me-reboot PC

Open source Software yang distribusinya gratis dan dalam prakteknya menampilkan kode asal (source code) yang dapat dimodifikasi oleh yang membutuhkan.

Plug-in File tambahan, biasanya dalam bentuk aplikasi atau program, yang perlu di-download untuk dapat melihat halaman situs tertentu.

Pop-up Jendela mini yang sering muncul saat kiat menjelajah internet; biasanya berisi iklan atau pengumuman.

WYSIWYG singkatan dari What You See Is What You Get artinya tampilan yang kita lihat memang benar-benar seperti itu adanya, bukan merupakan produk hiasan.

DHTML Dynamic HTML. Pengembangan dari format HTML yang memungkinkan suatu halaman web merespon input dari netter tanpa perlu mengirim perintah ke web server.

Ekstranet sejenis intranet namun sebagian isinya dapat diakses oleh pihak diluar organisasi yang diberi izin mengaksesnya. Ekstranet dapat diakses jika kita memiliki username, password, dan identitas tertentu.

Flash Teknologi animasi vektor-grafis yang ‘ramah’ bandwidth, yang biasanya digunakan untuk mempercantik tampilan website. Flash sebelum tahun 1997 lebih dikenal sebagai FutureSplash sampai Macromedia Inc. Membeli perusahaan membuatnya kemudian mengembangkannya.

Intranet Jaringan berbasis protokol TCP/IP yang dimiliki oleh sebuah organisasi atau perusahaan, yang hanya bisa diakses oleh anggota atau karyawan perusahaan tersebut. Mirip dengan website tapi ada program firewall yang melingkupinya.

2,5G Teknologi tanggung sebelum periode 3G, periode ini ponsel bisa memainkan EMS (Enhanced Messaging Service) dan MMS (multimedia Messaging Service).
3G Singkatan 3rd Generation atau Generasi Ketiga jaringan mobilephone. Pada generasi ini ponsel bisa mengirim video sebagus audio.

Bandwidth Ukuran yang dipakai untuk menandai kemampuan transfer data pada suatu jaringan atau pada koneksi internet.

DVD Tipe disc yang mampu menyimpan data digital sangat besar, termasuk menyimpan film dengan kualitas suara dan gambar yang sangat baik.

Infrared Interface yang memungkinkan data ditransfer via gelombang sinar infrared antar perangkat cordless yang dilengkapi port IR. Kebanyakan PC genggam, notebook, PDA dan ponsel memiliki port infrared.

Mb/Megabyte Ukuran kapasitas simpan, biasanya dipakai dalam memori komputer.

Memori Area simpan sementara dalam komputer yang akan hilang ketika PC dimatikan. Diukur dengan satuan megabyte (Mb).

MP3 Standar saat ini untuk mengkompres digital audio yang kualitasnya hampir setara CD. Ukuran filenya lebih kecil dibanding file CD audio.

Multimedia Fitur yang mampu menjalankan video dan audio, baik oleh hardware maupun software.

Operating System/Sistem Operasi Software yang mengatur elemen-elemen dalam PC, termasuk mendeteksi driver, software maupun hardware.

OCR Optical Character Recognition. Teknologi untuk mengubah image suatu dokumen hasil scan menjadi bentuk teks (misalnya ke dalam kode ASCII), yang dapat diedit dengan program pengolah kata.

RTF Rich Text Format. Format file yang biasa digunakan oleh sebuah dokumen yang bisa ditransfer atau dibuka di berbagai aplikasi pemrosesan data.

TIFF Tagged Image File Format. Format standar file yang biasa digunakan oleh suatu gambar grafik. Dapat berupa monokrom, greyscale, dan gambar berwarna 8-bit atau 24-bit. Gambar berformat TIFF dapat dikompres tanpa kehilangan detail gambar.

Browser Aplikasi untuk menjalankan internet dan membuka halaman situs.

Hang Program terhenti disaat pengerjaan, umumnya karena terlalu banyak memori PC yang terpakai.

Scroll bar Alat navigasi berbentuk batang, dengan panah atas-bawah, yang memudahkan menggeser ke halaman atas atau bawah.

Shortcut Icon yang merupakan jalan pintas; program akan langsung terbuka begitu icon diklik, tanpa perlu melewati [Start]-[Program].

File manager Tempat kita mengedit isi situs, seperti yang disediakan oleh Geocities atau Angelfire.

Source code Kode berupa teks, dengan bahasa pemrograman tertentu, yang menjadi basis pengembangan suatu aplikasi program.

Upload Mengirimkan atau menampilkan file di internet.

Drag Memperbesar, memperkecil atau memindahkan gambar dengan cara menarik salah satu sudutnya, atau dengan menekan pointer pada gambar.

Active-X Teknologi untuk menambahkan fitur tambahan pada sebuah aplikasi seperti web browser. Komponen Active-X biasanya di-download secara otomatis atau dengan sedikit interaksi.

Cookies File teks dalam hard disk yang diciptakan oleh situs yang baru kita kunjungi. Berisi catatan aktivitas dan informasi tentang komputer kita, sesuai kebutuhan si pengelola situs.

Deface Tindakan menyusup ke suatu situs, lalu mengubah tampilan muka dari situs tersebut dengan maksud dan tujuan tertentu.

Firewall Peranti lunak untuk memagari sebuah komputer yang terhubung ke jaringan/internet agar tak mudah disusupi pihak luar.

Keylogger Program tersembunyi yang merekam seluruh aktivitas ketikan keyboard, termasuk aplikasi yang terbuka, user name, password, dan hal lainnya untuk kemudian datanya dikirimkan kepada si pemasang program.

Trojan Horse Program perusak yang menyamar sebagai program yang tidak berbahaya. Berbeda dengan virus, trojan horse tidak selalu berusaha menggandakan diri dan bersifat merusak.

Casing Unit yang menyimpan segala komponen pendukung PC, antara lain: chip prosesor, kartu grafis, kartu modem.

Degauss Memindahkan unsur magnet dari sebuah alat, biasanya monitor.

Heatsink Jajaran metal (biasanya aluminium) mekanis yang digunakan untuk mengurangi suhu panas dari prosesor.

Overheating Suhu panas yang berlebihan pada komputer, akibat kipas dalam prosesor berhenti berputar.

Periferal Alat tambahan yang dapat dihubungkan pada komputer misalnya: printer, scanner, kamera digital.

Extract Proses menguraikan kembali file compressed ke ukuran aslinya.

File compressed File berukuran besar yang dikecilkan (dipaket) untuk menghemat tempat dan waktu download.

Mirror Halaman situs alternatif yang bisa dikunjungi untuk men-download program.

P2P (peer-to-peer) file sharing Aktivitas yang mengizinkan pengguna lain untuk mengakses dan men-download file kita. Sebaliknya kita pun dapat mengakses file pengguna lain.

Spyware Software atau program yang dapat mengamati kegiatan berkomputer kita dan melaporkan hasilnya ke orang/organisasi tertentu.

Tooltip Jendela mini berisi informasi yang muncul saat kita mendekatkan mouse pointer ke obyek tertentu.

Dial-up Jenis sambungan internet yang harus menggunakan sambungan telepon. Sehingga setiap kali modem dan PC kita harus menggunakan jari kita untuk menghubungi nomor telepon server ISP.

Downstream Transmisi data dari server ke pengguna komputer melalui jaringan seperti LAN atau internet.

GPRS General Packet Radio Services. Layanan transmisi data wireless dalam bentuk paket- paket informasi oleh operator GSM. Kecepatan transmisi yang diklaim berkisar antara 56 kbps-114 kbps. Kecepatan teoritis maksimal mencapai 171,2 kbps.

ISP Internet Service Provider. Penyedia Jasa Internet. Lembaga yang menghubungkan PC kita dengan internet.

Kbps Kilobits per second.  Standar pengukuran kecepatan transfer data.1 Kbps sama dengan 1000 bits per second (detik)

Mbps Megabits per second. 1 Mbps setara dengan 1000000 bit per detik.

Ping Metode verifikasi keberadaan sebuah komputer dalam jaringan. Perintah ini juga akan menghasilkan info mengenai kecepatan transfer data yang terjadi.

Repeater Perangkat jaringan menguatkan atau mereplikasi sinyal analog atau digital yang terdistorsi sehingga melemah saat ditransmisi.

Upstream Transmisi data dari pengguna komputer ke server melalui jaringan seperti LAN atau internet.

CRT Cathode Ray Tube. Teknologi tabung hampa yang biasanya digunakan pada layar TV dan monitor komputer.

Prosesor Chip yang berfungsi sebagai ”otaknya” komputer. Semakin cepat prosesornya, semakin cepat pula kerja komputer.

Scanner Suatu alat yang menggunakan sensor untuk mengonversi gambar, foto atau dokumen ke data yang bisa diinterpretasikan oleh software kita. Flatbed scanner mempunyai kaca datar tempat gambar atau foto diletakkan dengan head scan-nya yang bergerak dibawah kaca. Pada scanner portabel, justru scanner-nya yang digerakkan ke gambar.

TFT Thin Film Transistor. Teknologi yang digunakan untuk membuat layar datar berwarna seperti pada layar komputer dan kamera digital. TFT mempunyai kualitas tampilan yang sangat tinggi, menampilkan gambar yang terang dengan ribuan atau bahkan jutaan warna.

DVD-RAM Satu dari banyak varian DVD recordable. DVD-RAM dapat menyimpan data berukuran besar di tiap sisi dari disc.

DVD+RW Salah satu dari banyak varian DVD recordable. Cakram DVD+RW dapat digunakan untuk menyimpan data berulangkali dapat dihapus dan ditulisi kembali. Film yang direkam ke DVD+RW dapat dimainkan hampir semua DVD player.

Hard disk Disk drive berkapasitas besar yang terdapat pada setiap PC dan digunakan untuk menyimpan aplikasi serta dokumen dan file. Disebut hard disk karena menggunakan piringan magnetik yang keras untuk menyimpan data. Kapasitas hard disk diukur dengan satuan gigabyte.

S-VHS Super-VHS. Video berfrekuensi tinggi yang berkualitas bagus. Biasanya digunakan untuk camcorder.

Intel 386 Jenis prosesor Intel dari generasi 386. Orang mengenal prosesor ini sebagai prosesor pra-Pentium.

Intel 586 Prosesor Intel yang dikenal sebagai generasi awal Pentium.

Intel 686 Prosesor Pentium II ke atas masuk dalam kategori ini.

CD-R Compact Disc Recordable. CD yang dapat digunakan sebagai media penyimpanan data melalui proses perekaman (burning)

CD-ROM Compact Disc-Read Only Memory. Media penyimpanan berupa cakram digital yang mampu menampung data hingga 650Mb

CD-ROM drive Perangkat untuk membaca data dari CD-ROM. Bisa berupa drive eksternal atau internal dengan interface SCSI atau port paralel.

CD-RW Compact Disc Rewritable. Format CD yang dapat menyimpan data dan merekam secara berulang-ulang.

CD-RW drive Compact Disc – Read and Write drive. Perangkat untuk menulis (serta membaca) CD-R dan CD-RW.

DVD-ROM Digital Versatile Disc Read – Only Memory. Teknologi baru cakram digital yang dapat menampung data minimum 4,7 Gigabytes hingga 17 Gb.

DVD-RW Digital Versatile Disc – Read and Write drive. Perangkat untuk menulis (serta membaca) DVD-R/DVD-RW. Peranti ini juga bisa digunakan untuk menulis data ke dalam CD-R dan CD-RW.

Front Side Bus Kecepatan memory bus dalam sebuah PC terkait dengan mikroprosesor. Kecepatan umumnya 66 MHz, 100 MHz, dan 133 MHz; kecepatan saat ini sampai 200 MHz dan 266 MHz

DVD-ROM drive Perangkat untuk membaca data DVD, yang juga bisa digunakan untuk membaca data CD-ROM.

PCB Printed Circuit Board Lempengan papan yang memiliki komponen elektronik yang saling terhubung untuk menghasilkan output.

AGP Accelerated Graphics Port. Interface PC yang digunakan untuk fasilitas grafik 3D cepat.

DVD-R Standar untuk format Digital Versatile Disc-Recordable, atau DVD kosong yang bisa untuk merekam sekali.

FireWire Link data super-cepat antara PC dan periferal.

Memori DDR Memori Double Date Rate. Tipe memori yang dua kali lebih cepat daripada memori biasa.

PC Card Peranti seukuran kartu kredit umtuk menambah sesuatu dari modem ke hard disk pada notebook.

PCI Peripheral Component Interconnect.  Slot ekspansi performa tinggi untuk PC desktop.

USB Universal Serial Bus. Suatu standar untuk koneksi cepat dari periferal ke PC.

Form Pada program database, form mengacu pada data pada tampilan yang lebih terdesain, lebih mudah dibaca oleh para penggunanya.

Macro Program mini yang berfungsi untuk merekam fungsi-fungsi tertentu

Print preview Tampilan dokumen atau file sebagaimana hasil cetaknya nanti

Query Pencarian data pada suatu database

Cache Penyimpanan untuk data atau file yang kerap digunakan. Data dapat diakses lebih cepat dari cache ketimbang dari sumber aslinya. Internet Explorer menggunakan sebuah hard disk cache untuk halaman-halaman web. Sementara prosesor-prosesor sering menggunakan sejumlah kecil memori yang sangat cepat sebagai cache

HTML Hyper Text Mark-up Language. Bahasa yang digunakan untuk menciptakan halaman-halaman situs. Kode HTML ditulis sebagai teks yang dikonversi ke halaman web oleh web browser.

Keyword Kata penting di halaman web yang dapat digunakan oleh search engine untuk mengidentifikasinya.

Link Obyek di halaman web yang bisa diklik akan membawa kita ke halaman web lainnya. Link bisa berupa teks maupun gambar.

Wilcard Sebuah karakter yang bisa diganti oleh satu atau lebih karakter dalam pencarian di web

Database creator Aplikasi untuk membuat database, yang paling dikenal adalah Microsoft Access dan Oracle.

Direktori Tempat atau lokasi penyimpanan file

Import Menyadur isi (data) dari suatu file yang dibuat dengan aplikasi tertentu ke file yang dibuat dengan aplikasi lain. Misalnya, mengimpor data dari file Excel ke Access.

Primary key Kunci utama, merupakan kolom penentu pencarian data pada database. Primary key tidak boleh merupakan kolom dengan data dobel.

Wizard Program penuntun para pengguna komputer untuk melakukan pekerjaan tertentu, misalnya membuat tabel, brosur, dan sebagainya. Biasanya dalam bentuk langkah-langkah.

Worksheet Lembar kerja pada monitor; lebih cocok disebut layar kerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar