- Pengertian Bahan Ajar
- Bahan ajar merupakan informasi, alat dan teks yang diperlukan guru/instruktur untuk perencanaan dan penelaahan implementasi pembelajaran.
- Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/ instruktur dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas. Bahan yang dimaksud bisa berupa bahan tertulis maupun bahan tidak tertulis. (National Center for Vocational Education Research Ltd/National Center for Competency Based Training).
- Pengertian Bahan Ajar
- Bahan ajar adalah seperangkat materi yang disusun secara sistematis baik tertulis maupun tidak sehingga tercipta lingkungan/suasana yang memungkinkan siswa untuk belajar.
- Bentuk Bahan Ajar
- Bahan cetak seperti: hand out, buku, modul, lembar kerja siswa, brosur, leaflet, wallchart,
- Audio Visual seperti: video/film,VCD
- Audio seperti: radio, kaset, CD audio, PH
- Visual: foto, gambar, model/maket.
- Multi Media: CD interaktif, computer Based, Internet
- Cakupan Bahan Ajar
- Judul, MP, SK, KD, Indikator, Tempat
- Petunjuk belajar (Petunjuk siswa/guru)
- Tujuan yang akan dicapai
- Informasi pendukung
- Latihan-latihan
- Petunjuk kerja
- Penilaian
- Penyusunan Peta Bahan Ajar
(Contoh Mapel Biologi)
- Pengertian
Lembar Kegiatan Siswa- Lembar kegiatan siswa (student work sheet) adalah lembaran-lembaran berisi tugas yang harus dikerjakan oleh siswa.
- Lembar kegiatan berisi petunjuk, langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu tugas.
- Tugas-tugas yang yang diberikan kepada siswa dapat berupa teori dan atau praktik.
- Lembar Kegiatan Siswa (LKS)
Langkah-langkah penulisan LKS sebagai berikut:
- Melakukan analisis kurikulum; SK, KD, indikator dan materi pembelajaran.
- Menyusun peta kebutuhan LKS
- Menentukan judul LKS
- Menulis LKS
- Menentukan alat penilaian
Struktur LKS secara umum adalah sebagai berikut:
- Judul, mata pelajaran, semester, tempat
- Petunjuk belajar
- Kompetensi yang akan dicapai
- Indikator
- Informasi pendukung
- Tugas-tugas dan langkah-langkah kerja
- Penilaian
- Melakukan analisis kurikulum; SK, KD, indikator dan materi pembelajaran.
- c MODUL d
- Modul adalah bahan ajar yang disusun secara sistematis dan menarik yang mencakup isi materi, metoda, dan evaluasi yang dapat digunakan secara mandiri.
- kebahasaannya dibuat sederhana sesuai dengan level berfikir anak SMK atau input SMK
- digunakan secara mandiri, belajar sesuai dengan kecepatan masing-masing individu secara efektif dan efesien.
- memiliki karakteristik stand alone yaitu modul dikembangkan tidak tergantung pada media lain
- bersahabat dengan user atau pemakai, membantu kemudahan pemakai untuk direspon atau diakses.
- mampu membelajarkan diri sendiri.
- Tujuan antara dan tujuan akhir modul harus dirumuskan secara jelas dan terukur,
- materi dikemas dalam unit-unit kecil dan tuntas, tersedia contoh-contoh, ilustrasi yang jelas
- tersedia soal-soal latihan, tugas, dan sejenisnya
- materinya up to date dan kontekstual,
- bahasa sederhana lugas komunikatif,
- terdapat rangkuman materi pembelajaran,
- tersedia instrument penilaian yang memungkinkan peserta diklat melakukan self assessment.
- mengukur tingkat penguasaan materi diri sendiri,
- terdapat umpan balik atas penilaian peserta diklat,
- terdapat informasi tentang rujukan/pengayaan/referensi yang mendukung materi
- c
MODUL d
- Dipergunakan untuk ORANG LAIN
- Bukan untuk
PENULIS !!!
- MODUL
- KARAKTERISTIK MODUL
Seluruh materi pembelajaran dari satu unit kompetensi atau sub kompetensi yang dipelajari terdapat di dalam satu modul secara utuh
- 3. Stand alone
Modul manual/multimedia yang dikembangkan tidak tergantung pada media lain atau tidak harus digunakan bersama-sama dengan media lain
- 5. User friendly
Modul hendaknya juga memenuhi kaidah bersahabat/akrab dengan pemakainya
- 3. Stand alone
- Daya Tarik
- Mengkombinasikan warna, gambar (ilustrasi), bentuk dan ukuran huruf yang serasi
- Menempatkan rangsangan-rangsangan berupa gambar atau ilustrasi, pencetakan huruf tebal, miring, garis bawah atau warna.
- Tugas dan latihan yang dikemas sedemikian rupa.
- Ruang (spasi kosong)
Gunakan spasi atau ruang kosong tanpa naskah atau gambar untuk menambah kontras penampilan modul
- KERANGKA
MODUL- Halaman Sampul
- Halaman Francis
- Kata Pengantar
- Daftar Isi
- Peta Kedudukan Modul
- Glosarium
- Halaman Sampul
- I. PENDAHULUAN
- Deskripsi
- Prasarat
- Petunjuk Penggunaan Modul
- Penjelasan Bagi Peserta diklat
- Peran Guru Antara Lain
- Penjelasan Bagi Peserta diklat
- Tujuan Akhir
- Kompetensi
- Cek Kemampuan
- PEMBELAJARAN
- Deskripsi
- III. EVALUASI
- Kognitif Skill
- Psikomotor Skill
- Attitude Skill
- Produk/Benda Kerja Sesuai Kriteria Standart
- Batasan Waktu Yang Telah Ditetapkan
- Kunci Jawaban
- Kognitif Skill
- IV. PENUTUP
DAFTAR PUSTAKA
- 4. Pahami Peta Kedudukan Modul
- 5. Tujuan Akhir
- Lembar kegiatan siswa (student work sheet) adalah lembaran-lembaran berisi tugas yang harus dikerjakan oleh siswa.
- Kinerja yang diharapkan
- Kriteria keberhasilan
- Kondisi atau variable yang diberikan
- Contoh Tujuan Akhir Modul
- 6. Tujuan kegiatan pembelajaran
Memuat kemampuan yang harus dikuasai untuk mencapai satu indikator kompetensi pada KUK setelah mengikuti satu satuan kegiatan belajar berisikan komponen: kemampuan, kondisi, dan kriteria.
- Contoh tujuan kegiatan belajar
- 7. MenyusunTugas
- 8. Menyusun Tes Formatif
Selesai
- Contoh Tujuan Akhir Modul
Tidak ada komentar:
Posting Komentar