My Home


Lihat My Home di peta yang lebih besar

BAHAN AJAR

  • Pengertian Bahan Ajar
  • Bahan ajar merupakan informasi, alat dan teks yang diperlukan guru/instruktur untuk perencanaan dan penelaahan implementasi pembelajaran.
  • Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/ instruktur dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas. Bahan yang dimaksud bisa berupa bahan tertulis maupun bahan tidak tertulis. (National Center for Vocational Education Research Ltd/National Center for Competency Based Training).


     

  • Pengertian Bahan Ajar
  • Bahan ajar adalah seperangkat materi yang disusun secara sistematis baik tertulis maupun tidak sehingga tercipta lingkungan/suasana yang memungkinkan siswa untuk belajar.
  • Bentuk Bahan Ajar


     

  • Bahan cetak seperti: hand out, buku, modul, lembar kerja siswa, brosur, leaflet, wallchart,
  • Audio Visual seperti: video/film,VCD
  • Audio seperti: radio, kaset, CD audio, PH
  • Visual: foto, gambar, model/maket.
  • Multi Media: CD interaktif, computer Based, Internet
  • Cakupan Bahan Ajar
  • Judul, MP, SK, KD, Indikator, Tempat
  • Petunjuk belajar (Petunjuk siswa/guru)
  • Tujuan yang akan dicapai
  • Informasi pendukung
  • Latihan-latihan
  • Petunjuk kerja
  • Penilaian
  • Penyusunan Peta Bahan Ajar
    (Contoh Mapel Biologi)
  • Pengertian
    Lembar Kegiatan Siswa
    • Lembar kegiatan siswa (student work sheet) adalah lembaran-lembaran berisi tugas yang harus dikerjakan oleh siswa.
    • Lembar kegiatan berisi petunjuk, langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu tugas.
    • Tugas-tugas yang yang diberikan kepada siswa dapat berupa teori dan atau praktik.
    • Lembar Kegiatan Siswa (LKS)

      Langkah-langkah penulisan LKS sebagai berikut:

      • Melakukan analisis kurikulum; SK, KD, indikator dan materi pembelajaran.
      • Menyusun peta kebutuhan LKS
      • Menentukan judul LKS
      • Menulis LKS
      • Menentukan alat penilaian


         

        Struktur LKS secara umum adalah sebagai berikut:

      • Judul, mata pelajaran, semester, tempat
      • Petunjuk belajar
      • Kompetensi yang akan dicapai
      • Indikator
      • Informasi pendukung
      • Tugas-tugas dan langkah-langkah kerja
      • Penilaian
    • c MODUL d
    • Modul adalah bahan ajar yang disusun secara sistematis dan menarik yang mencakup isi materi, metoda, dan evaluasi yang dapat digunakan secara mandiri.
    • kebahasaannya dibuat sederhana sesuai dengan level berfikir anak SMK atau input SMK
    • digunakan secara mandiri, belajar sesuai dengan kecepatan masing-masing individu secara efektif dan efesien.
    • memiliki karakteristik stand alone yaitu modul dikembangkan tidak tergantung pada media lain
    • bersahabat dengan user atau pemakai, membantu kemudahan pemakai untuk direspon atau diakses.
    • mampu membelajarkan diri sendiri.
    • Tujuan antara dan tujuan akhir modul harus dirumuskan secara jelas dan terukur,
    • materi dikemas dalam unit-unit kecil dan tuntas, tersedia contoh-contoh, ilustrasi yang jelas
    • tersedia soal-soal latihan, tugas, dan sejenisnya
    • materinya up to date dan kontekstual,
    • bahasa sederhana lugas komunikatif,
    • terdapat rangkuman materi pembelajaran,
    • tersedia instrument penilaian yang memungkinkan peserta diklat melakukan self assessment.
    • mengukur tingkat penguasaan materi diri sendiri,
    • terdapat umpan balik atas penilaian peserta diklat,
    • terdapat informasi tentang rujukan/pengayaan/referensi yang mendukung materi
    • c
      MODUL
      d
    • Dipergunakan untuk ORANG LAIN
    • Bukan untuk

      PENULIS !!!

    • MODUL
    • KARAKTERISTIK MODUL

          Seluruh materi pembelajaran dari satu unit kompetensi atau sub kompetensi yang dipelajari terdapat di dalam satu modul secara utuh

      • 3. Stand alone

          Modul manual/multimedia yang dikembangkan tidak tergantung pada media lain atau tidak harus digunakan bersama-sama dengan media lain

      • 5. User friendly

          Modul hendaknya juga memenuhi kaidah bersahabat/akrab dengan pemakainya

    • Daya Tarik
    • Mengkombinasikan warna, gambar (ilustrasi), bentuk dan ukuran huruf yang serasi
    • Menempatkan rangsangan-rangsangan berupa gambar atau ilustrasi, pencetakan huruf tebal, miring, garis bawah atau warna.
    • Tugas dan latihan yang dikemas sedemikian rupa.
    • Ruang (spasi kosong)


       

      Gunakan spasi atau ruang kosong tanpa naskah atau gambar untuk menambah kontras penampilan modul

    • KERANGKA
      MODUL
      • Halaman Sampul
      • Halaman Francis
      • Kata Pengantar
      • Daftar Isi
      • Peta Kedudukan Modul
      • Glosarium
    • I.    PENDAHULUAN


       

      • Deskripsi
      • Prasarat
      • Petunjuk Penggunaan Modul
        • Penjelasan Bagi Peserta diklat
        • Peran Guru Antara Lain
      • Tujuan Akhir
      • Kompetensi
      • Cek Kemampuan
      • PEMBELAJARAN
    • III.    EVALUASI
      • Kognitif Skill
      • Psikomotor Skill
      • Attitude Skill
      • Produk/Benda Kerja Sesuai Kriteria Standart
      • Batasan Waktu Yang Telah Ditetapkan
      • Kunci Jawaban
    • IV. PENUTUP

      DAFTAR PUSTAKA

    • 4. Pahami Peta Kedudukan Modul
    • 5. Tujuan Akhir
  • Kinerja yang diharapkan
  • Kriteria keberhasilan
  • Kondisi atau variable yang diberikan
    • Contoh Tujuan Akhir Modul
    • 6. Tujuan kegiatan pembelajaran


     

    Memuat kemampuan yang harus dikuasai untuk mencapai satu indikator kompetensi pada KUK setelah mengikuti satu satuan kegiatan belajar berisikan komponen: kemampuan, kondisi, dan kriteria.

    • Contoh tujuan kegiatan belajar
    • 7. MenyusunTugas
    • 8. Menyusun Tes Formatif

      Selesai


       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar